RENCANA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL GRADUAL RELEASE OF RESPONSIBILITY
Fokus pelajaran
Focus lessons: this componentn
allows teachers to model their own metacognitive processes as active readers.
Modeled stategies focus on increasing understanding of content-area texts.
Usually brief in nature. Focus lessons establish purposes for reading and clue
students into important learning objectives.
Fokus pelajaran: komponen ini memungkinkan guru untuk mencontohkan proses metakognitif mereka sendiri sebagai pembaca aktif. Stategies yang dimodelkan berfokus pada peningkatan pemahaman teks area konten. Biasanya sifatnya singkat. Fokus pelajaran menetapkan tujuan untuk membaca dan memberi petunjuk kepada siswa tentang tujuan pembelajaran yang penting.
Instruksi terbimbing
Guided instruction: during guided
instruction, teachers prompt, question, facilitate, or lead students through
tasts that increase understanding of a particular texts
Instruksi terbimbing: selama instruksi terbimbing, guru membisikkan, mempertanyakan, memfasilitasi, atau memimpin siswa melalui tes yang meningkatkan pemahaman tentang teks tertentu
Pembelajaran kolaboratif
Collaborative learning: During
the colaborative learning component in the gradual release of responsibility
model, student consolidate their understanding of the content and explore
opportunities to problem solve, discuss, negotiate, and think with their peers.
Pembelajaran kolaboratif: Selama komponen pembelajaran kolaboratif dalam rilis bertahap model tanggung jawab, siswa mengkonsolidasikan pemahaman mereka tentang konten dan mengeksplorasi peluang untuk memecahkan masalah, berdiskusi, bernegosiasi, dan berpikir dengan rekan-rekan mereka.
Pembelajaran mandiri
Independent learning: this
component addresses the most important goal of good instruction – to provide
students with practice in applying skills and information in new ways. As
students transfer their learning to subsequent tasks, they synthesize
information, transform ideas, and solidify their understanding. They become
active readers and capable learners
Pembelajaran mandiri: komponen ini membahas tujuan terpenting dari
pengajaran yang baik - untuk memberikan siswa latihan dalam menerapkan
keterampilan dan informasi dengan cara baru. Saat siswa mentransfer
pembelajaran mereka ke tugas berikutnya, mereka mensintesis informasi, mengubah
ide, dan memperkuat pemahaman mereka. Mereka menjadi pembaca yang aktif dan
pembelajar yang cakap.
RPP-GRR
TAHAPAN |
KOMPONEN |
TANGGUNG JAWAB |
|
GURU |
SISWA |
||
I |
Fokus pelajaran: komponen ini
memungkinkan guru untuk mencontohkan proses metakognitif mereka sendiri
sebagai pembaca aktif. Stategies yang dimodelkan berfokus pada peningkatan
pemahaman teks area konten. Biasanya sifatnya singkat. Fokus pelajaran
menetapkan tujuan untuk membaca dan memberi petunjuk kepada siswa tentang
tujuan pembelajaran yang penting.
|
Guru
melakukan tugas pengajaran dan fokus pada tujuanpembelajaran yang akan
dibahas |
Siswa
memperhatikan secara seksama |
II |
Instruksi terbimbing: selama instruksi
terbimbing, guru membisikkan, mempertanyakan, memfasilitasi, atau memimpin
siswa melalui tes yang meningkatkan pemahaman tentang teks tertentu.
|
Guru
dan siswa secara bersama berinteraksi dua arah |
|
III |
Pembelajaran kolaboratif: Selama komponen
pembelajaran kolaboratif dalam rilis bertahap model tanggung jawab, siswa
mengkonsolidasikan pemahaman mereka tentang konten dan mengeksplorasi peluang
untuk memecahkan masalah, berdiskusi, bernegosiasi, dan berpikir dengan
rekan-rekan mereka.
|
Guru
mengamati dan membimbing siswa jika ada hal yang perlu ditanyakan dan
didiskusikan |
Siswa
secara bersama-sama berkelompok berdiskusi dan selanjutnya dibahas secara
bersama satu kelas |
IV |
Pembelajaran mandiri: komponen ini
membahas tujuan terpenting dari pengajaran yang baik - untuk memberikan siswa
latihan dalam menerapkan keterampilan dan informasi dengan cara baru. Saat
siswa mentransfer pembelajaran mereka ke tugas berikutnya, mereka mensintesis
informasi, mengubah ide, dan memperkuat pemahaman mereka. Mereka menjadi
pembaca yang aktif dan pembelajar yang cakap
|
Guru
mengamati dan membantu menumbuh kembangkan potensi siswa |
Setiap
siswa secara mandiri memperdalam materi pembelajaran dari mulai membaca teori
pengetahuan sampai praktek keterampilan |
Materi Belajar
Pendekatan GRR
Contoh Bahan Belajar
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Kegiatan Kolaborasi/Diskusi Kelompok – Proses dan Hasil
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Kegiatan Mandiri – Proses dan Hasil
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
& |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
w |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
þ |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Keterangan:
&
= Referensi Buku/ebook
w
= Referensi Vidio
þ =
Referensi Website
12345 = Pertemuan Belajar
Silahkan memberikan masukannya
ReplyDelete