EVALUASI
Sumber: http://midasedu.in/?p=136
PERTANYAAN BERPIKIR ORDER RENDAH - TINGGI
(HIGHER ORDER THINKING QUESTION - LOT-HOT)
REMEMBER (Level 1) Recognizing and recalling |
INGAT (Level 1) Mengenali dan mengingat |
Describe what happens when___________. How is (are) _________? How would you define_________? How would you identify_________? How would you outline_________? How would you recognize_________? List the _________ in order. What do you remember about_________? What is (are) _________? What would you choose_________? When did _________? Where is (are) _________? Which one_________? Who was (were) _________? Why did _________? |
Jelaskan apa yang terjadi jika___________. Bagaimana _________? Bagaimana Anda mendefinisikan_________? Bagaimana Anda mengidentifikasi_________? Bagaimana Anda menguraikan_________? Bagaimana Anda mengenali_________? Buat daftar _________ secara berurutan. Apa yang Anda ingat tentang_________? Apa itu _________? Apa yang akan Anda pilih_________? Kapan _________? Dimana _________? Yang mana_________? Siapa (dulu) _________? Mengapa _________? |
UNDERSTAND (Level 2) Interpreting, exemplifying, classifying, summarizing, inferring,
comparing, explaining |
MEMAHAMI (Level 2) Menafsirkan, memberi contoh, mengklasifikasikan, meringkas,
menyimpulkan, membandingkan, menjelaskan |
Elaborate on__________. How can you describe_________? How would you clarify the meaning _________? How would you compare/contrast_________? How would you differentiate between________ and _________? How would you express_________? How would you generalize_________? How would you identify_________? What can you infer from_________? What can you say about_________? What did you observe_________? What is the main idea of _________? What would happen if _________? Will you restate_________? |
Jelaskan tentang__________. Bagaimana Anda bisa mendeskripsikan_________? Bagaimana Anda menjelaskan arti _________? Bagaimana Anda membandingkan / membedakan _________? Bagaimana Anda membedakan antara________ dan _________? Bagaimana Anda mengekspresikan_________? Bagaimana Anda menggeneralisasi_________? Bagaimana Anda mengidentifikasi_________? Apa yang dapat Anda simpulkan dari_________? Apa yang dapat Anda katakan tentang_________? Apa yang Anda amati_________? Apa gagasan utama _________? Apa yang akan terjadi jika _________? Apakah Anda akan menyatakan ulang_________? |
APPLY (Level 3) Executing and implementing |
TERAPKAN (Level 3) Menjalankan dan menerapkan |
How would you develop_________? How would you after _______ to _________? How would you change_________? How would you modify_______? How would you demonstrate_________? How would you develop________ to present _________? How would you present _________? How would you solve_________? What actions would you take to perform_____? What examples can you find that _________? What other way would you choose to _________? What would the result be if _________? Why does ________ work? |
Bagaimana Anda akan berkembang_________? Bagaimana Anda setelah _______ sampai _________? Bagaimana Anda akan berubah_________? Bagaimana Anda memodifikasi_______? Bagaimana Anda akan mendemonstrasikan_________? Bagaimana Anda akan berkembang _ hingga saat ini _________? Bagaimana Anda akan mempresentasikan _________? Bagaimana Anda memecahkan_________? Tindakan apa yang akan Anda ambil untuk melakukan_____? Contoh apa yang dapat Anda temukan _________? Cara lain apa yang Anda pilih untuk _________? Apa hasilnya jika _________? Mengapa ________ berhasil? |
ANALYZE (Level
4) Differentiating,
organizing, attributing |
ANALISIS (Level
4) Membedakan,
mengatur, mengatribusikan |
Discuss the pros and cons of __________. How can you classify ________ according to _________? How can you compare the different parts of _________? How can you sort the parts of _________? How is _________ connected to _________? How would you explain _________? What are the advantages and disadvantages of _________? What can you infer _________? What can you point out about _________? What evidence in the text can you find that _________? What explanation do you have for _________? What ideas support/validate_________? What is the problem with _________? What is your analysis of _________? Why do you think _________? |
Diskusikan pro dan kontra dari __________. Bagaimana Anda dapat mengklasifikasikan ________ menurut _________? Bagaimana Anda dapat membandingkan berbagai bagian _________? Bagaimana Anda dapat menyortir bagian _________? Bagaimana _________ terhubung ke _________? Bagaimana Anda menjelaskan _________? Apa keuntungan dan kerugian dari _________? Apa yang dapat Anda simpulkan _________? Apa yang dapat Anda tunjukkan tentang _________? Bukti apa dalam teks yang dapat Anda temukan bahwa _________? Penjelasan apa yang Anda miliki untuk _________? Ide apa yang mendukung / memvalidasi _________? Apa masalah dengan _________? Apa analisis Anda tentang _________? Mengapa kamu berpikir _________? |
EVALUATE (Level
5) Checking and
critiquing |
EVALUASI (Level
5) Memeriksa dan
mengkritik |
Create a poem/riddle/song that explains_________? Devise a way to_________? How would you compile the facts for_________? How would you elaborate on the reason_________? How would you generate a plan to_________? How would you improve_________? How would you portray_________? Predict the outcome if _________? What alternative would you suggest for_________? What changes would you make to revise_________? What could you invent_________? What facts can you gather_________? What would happen if _________? |
Buat puisi / teka-teki / lagu yang menjelaskan_________? Temukan cara untuk_________? Bagaimana Anda mengumpulkan fakta untuk_________? Bagaimana Anda menjelaskan alasan_________? Bagaimana Anda akan membuat rencana untuk_________? Bagaimana Anda akan meningkatkan_________? Bagaimana Anda menggambarkan __________? Prediksikan hasilnya jika _________? Alternatif apa yang Anda sarankan untuk_________? Perubahan apa yang akan Anda lakukan untuk merevisi_________? Apa yang bisa Anda ciptakan_________? Fakta apa yang dapat Anda kumpulkan_________? Apa yang akan terjadi jika _________? |
CREATE (Level 6) Generating,
planning, producing |
BUAT (Level 6) Menghasilkan,
merencanakan, memproduksi |
Determine the value of _____. How could you verify_________? How would you determine which facts__________? How would you grade_________? Rank the importance of ______. Rate the _________. Explain your rating. What choice would you have made_________? Explain your reasoning. What criteria would you use to assess_________? What data was used to evaluate_________? What information would you use to prioritize_________? What is the most important_________? Tell why. What is your favorite_________? Why? What would you suggest_________? What is your opinion of _________? Support your response. |
Tentukan nilai _____. Bagaimana Anda bisa memverifikasi_________? Bagaimana Anda menentukan fakta yang mana__________? Bagaimana Anda menilai_________? Rangkinglah pentingnya ______. Beri nilai _________. Jelaskan penilaian Anda. Pilihan apa yang akan Anda buat_________? Jelaskan alasan Anda. Kriteria apa yang akan Anda gunakan untuk menilai_________? Data apa yang digunakan untuk mengevaluasi_________? Informasi apa yang akan Anda gunakan untuk memprioritaskan_________? Apa yang paling penting_________? Katakan kenapa. Apa favoritmu_________? Mengapa? Apa yang kamu sarankan_________? Apa pendapat Anda tentang _________? Dukung tanggapan Anda. |
Comments
Post a Comment