ASESMEN
NAMA SEKOLAH |
|
NAMA SISWA |
|
BIDANG |
|
N0. PBM-KD |
|
PROGRAM |
|
WAKTU PBM-KD |
|
KOMPETENSI |
|
TANGGAL
MULAI |
|
MATA
PELAJARAN |
|
TANGGAL
SELESAI |
|
POKOK BAHASAN
|
|||
KOMPETENSI |
ASPEK |
SKOR MAKSIMAL |
SKOR DICAPAI |
Sikap |
1. Menerima 2. Merespon 3. Menghargai 4. Mengorganisasi 5. Karakter Nilai |
10 10 10 10 10 |
|
Jumlah sub |
50 |
|
|
Pengetahuan
(Taxonomi
6 tingkat domain pengetahuan) |
1. Mengingat a.
Menjelaskan b.
Menggambarkan 2. Memahami a.
Memperkirakan b.
Menjabarkan 3. Mengaplikasikan a.
Menerapkan b.
Memodifikasi 4. Menganalisis a.
Memecahkan b.
Menganalisis 5. Mengevaluasi a.
Membandingkan b.
Menilai 6. Mencipta/membuat a.
Merancang b.
Membuat |
5 5
5 5
5 5
5 5
5 5
5 5 |
|
Jumlah sub |
60 |
|
|
WAKTU |
A. Lebih cepat B. Tepat C. Lambat |
10 10 0 |
|
Jumlah sub |
10 |
|
|
TOTAL SKOR |
120 |
|
|
Catatan
|
|||
Kepala
Sekolah |
Guru |
Siswa |
|
Catatan:
(………………………..) |
(………………………..) |
(………………………..) |
NAMA SEKOLAH |
| NAMA SISWA |
|
BIDANG |
| N0. PBM-KD |
|
PROGRAM |
| WAKTU PBM-KD |
|
KOMPETENSI |
| TANGGAL MULAI |
|
MATA PELAJARAN |
| TANGGAL SELESAI |
|
POKOK BAHASAN
| |||
KOMPETENSI | ASPEK | SKOR MAKSIMAL | SKOR DICAPAI |
Sikap | 1.
Menerima a.
Menanyakan b.
Memilih c.
Menguraikan
d.
Memberikan e.
Mengidentifikasi
f.
Menemukan g. Menyeleksi 2.
Merespon a.
Menjawab b.
Membantu c.
Mendiskusikan d.
Menyapa e.
Menolong f.
Berpartisipasi g.
Menyajikan h.
Membaca i.
Melaporkan j.
Memilih k. menceritakan 3.
Nilai
(Keterlibatan) a.
Melengkapi b.
Menunjukkan
c.
Membedakan d.
Menjelaskan
e.
Mengikuti f.
Memulai g.
Menggabungkan
h.
Membenarkan
i.
Mengajukan j.
Membaca k. Membagikan 4.
Mengorganisasi
Nilai a.
Mematuhi b.
Mengubah c.
Mengatur d.
Menggabungkan e.
Membandingkan
f.
Mempertahankan g.
Menjelaskan h.
Mengintegrasikan
i. Memodifikasi 5.
Internalisasi
Nilai a.
Bertindak b.
Menampilkan c.
Mempengaruhi d.
Mendengarkan e.
Memodifikasi f.
Melakukan g.
Mengusulkan h.
Bertanya i.
Pertanyaan
j.
Melayani |
| |
Jumlah sub |
| ||
Keterampilan (Taxonomi 6 tingkat domain pengetahuan) | 1.
Persepi a.
Mengidentifikasi b.
Menyeleksi
2.
Kesiapan a.
Memulai b.
Mendemontrasi-kan
3.
Reaksi
yang diarahkan a.
Menirukan b.
mempraktekan 4.
Reaksi
natural (mekanisme) a.
Melaksanakan b.
Menangani
5.
Reaksi
yang kompleks a.
Sesuai
standar b.
mengukur 6.
Adaptasi a.
Mengembangkan
b.
Mengatur
kembali 7.
Kreatifitas a.
Mendesain
b.
Membuat |
|
|
Jumlah sub |
| ||
WAKTU | A. Lebih cepat B. Tepat C. Lambat |
| |
Jumlah sub |
| ||
TOTAL SKOR |
| ||
Catatan
| |||
Kepala Sekolah | Guru | Siswa | |
Catatan:
(………………………..) |
(………………………..) |
(………………………..) |
Konversi skor ke nilai
Keberhasilan
suatu lembaga selain harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang lengkap,
guru
profesional,
juga perlu adanya evaluasi untuk mengukur capaian dari suatu target pendidikan.
Evaluasi tersebut
dituangkan
dalam bentuk Penilaian Acuan Norma (PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan
Kriteria
Ketuntasan
Minimal (KKM).
Penilaian Acuan Norma (PAN)
Merupakan
penilaian yang dilakukan dengan mengacu
pada norma kelompok. Nilai yang
diperoleh
siswa dibandingkan dengan nilai siswa yang lain yang termasuk di dalam kelompok
tersebut.
Penilaian Acuan Patokan (PAP)
mengacu
pada suatu kriteria pencapaian tujuan pembelajaran atau indikator
pembelajaran
yang telah dirumuskan sebelumnya.
Tujuannya
Untuk
mengukur secara pasti tujuan atau
kompetensi
yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Merupakan
acuan untuk menetapkan seseorang siswa secara minimal memenuhi persyaratan
penguasaan atas materi
pelajaran
tertentu. Salah satu fungsi KKM adalah sebagai acuan bagi pendidik untuk
menilai kompetensi siswa
sesuai
kompetensi dasar matapelajaran yang diikuti.
Silahkan memberikan masukan yah
ReplyDelete