ASESMEN

PEDOMAN
Asesmen/Penilaian adalah proses sistematis dalam mendokumentasikan dan menggunakan data empiris tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan keyakinan untuk menyempurnakan program dan meningkatkan pembelajaran siswa. Data penilaian dapat diperoleh dari pemeriksaan langsung hasil kerja siswa untuk menilai pencapaian hasil belajar atau dapat didasarkan pada data yang dapat dijadikan kesimpulan tentang pembelajaran. (https://en.wikipedia.org/wiki/Educational_assessment)

LEMBAR PENILAIAN 
KOMPETENSI PENGETAHUAN
(LPKP)

NAMA SEKOLAH

 

NAMA SISWA

 

BIDANG

 

N0. PBM-KD

 

PROGRAM

 

WAKTU PBM-KD

 

KOMPETENSI

 

TANGGAL MULAI

 

MATA PELAJARAN

 

TANGGAL SELESAI

 

POKOK BAHASAN

  

KOMPETENSI

ASPEK

SKOR MAKSIMAL

SKOR DICAPAI

Sikap

1.    Menerima

2.    Merespon

3.    Menghargai

4.    Mengorganisasi

5.    Karakter Nilai

10

10

10

10

10

 

Jumlah sub

50

 

Pengetahuan

(Taxonomi 6 tingkat domain pengetahuan)

1.    Mengingat

a.     Menjelaskan

b.     Menggambarkan

2.    Memahami

a.     Memperkirakan

b.     Menjabarkan

3.    Mengaplikasikan

a.     Menerapkan

b.     Memodifikasi

4.    Menganalisis

a.     Memecahkan

b.     Menganalisis

5.    Mengevaluasi

a.     Membandingkan

b.     Menilai

6.    Mencipta/membuat

a.     Merancang

b.     Membuat

 

5

5

 

5

5

 

5

5

 

5

5

 

5

5

 

5

5

 

Jumlah sub

60

 

WAKTU

A.   Lebih cepat

B.   Tepat

C.   Lambat  

10

10

0

 

Jumlah sub

10

 

TOTAL SKOR

120

 

Catatan

 

Kepala Sekolah

Guru

Siswa

Catatan:

 

(………………………..) 

 

 

(………………………..)

 

 

(………………………..)



LEMBAR PENILAIAN 
KOMPETENSI KETERAMPILAN
(LPKK)

NAMA SEKOLAH

 

NAMA SISWA

 

BIDANG

 

N0. PBM-KD

 

PROGRAM

 

WAKTU PBM-KD

 

KOMPETENSI

 

TANGGAL MULAI

 

MATA PELAJARAN

 

TANGGAL SELESAI

 

POKOK BAHASAN

  

KOMPETENSI

ASPEK

SKOR MAKSIMAL

SKOR DICAPAI

Sikap

1.    Menerima

a.     Menanyakan

b.     Memilih

c.     Menguraikan

d.     Memberikan

e.     Mengidentifikasi

f.      Menemukan

g.     Menyeleksi

2.    Merespon

a.     Menjawab

b.     Membantu

c.     Mendiskusikan

d.     Menyapa

e.     Menolong

f.      Berpartisipasi

g.     Menyajikan

h.     Membaca

i.       Melaporkan

j.       Memilih

k.     menceritakan

3.    Nilai (Keterlibatan)

a.        Melengkapi

b.        Menunjukkan

c.        Membedakan

d.        Menjelaskan

e.        Mengikuti

f.         Memulai

g.        Menggabungkan

h.        Membenarkan

i.         Mengajukan

j.         Membaca

k.        Membagikan

4.    Mengorganisasi Nilai

a.        Mematuhi

b.        Mengubah

c.        Mengatur

d.        Menggabungkan

e.        Membandingkan

f.         Mempertahankan

g.        Menjelaskan

h.        Mengintegrasikan

i.         Memodifikasi

5.    Internalisasi Nilai

a.        Bertindak

b.        Menampilkan

c.        Mempengaruhi

d.        Mendengarkan

e.        Memodifikasi

f.         Melakukan

g.        Mengusulkan

h.        Bertanya

i.         Pertanyaan

j.         Melayani


 

Jumlah sub


 

Keterampilan

(Taxonomi 6 tingkat domain pengetahuan)

1.    Persepi

a.     Mengidentifikasi

b.     Menyeleksi

2.    Kesiapan

a.     Memulai

b.     Mendemontrasi-kan

3.    Reaksi yang diarahkan

a.     Menirukan

b.     mempraktekan

4.    Reaksi natural

(mekanisme)

a.     Melaksanakan

b.     Menangani

5.    Reaksi yang kompleks

a.     Sesuai standar

b.     mengukur

6.    Adaptasi

a.     Mengembangkan

b.     Mengatur kembali

7.    Kreatifitas

a.     Mendesain

b.     Membuat

 


 

Jumlah sub


 

WAKTU

A.   Lebih cepat

B.   Tepat

C.   Lambat  


 

Jumlah sub


 

TOTAL SKOR


 

Catatan

 

Kepala Sekolah

Guru

Siswa

Catatan:

 

(………………………..) 

 

 

(………………………..)

 

 

(………………………..)


Catatan:

Konversi skor ke nilai

Keberhasilan suatu lembaga selain harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang lengkap, guru

profesional, juga perlu adanya evaluasi untuk mengukur capaian dari suatu target pendidikan. Evaluasi tersebut

dituangkan dalam bentuk Penilaian Acuan Norma (PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Kriteria

Ketuntasan Minimal (KKM).

 

Penilaian Acuan Norma (PAN)

Merupakan  penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok. Nilai yang

diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai siswa yang lain yang termasuk di dalam kelompok tersebut.

 

Penilaian Acuan Patokan (PAP)

mengacu pada suatu kriteria pencapaian tujuan pembelajaran atau indikator

pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya.

 

Tujuannya

Untuk mengukur secara pasti tujuan atau

kompetensi yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya.

 

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Merupakan acuan untuk menetapkan seseorang siswa secara minimal memenuhi persyaratan penguasaan atas materi

pelajaran tertentu. Salah satu fungsi KKM adalah sebagai acuan bagi pendidik untuk menilai kompetensi siswa

sesuai kompetensi dasar matapelajaran yang diikuti.






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

INSTRUKSIONAL

Kurikulum SMK di Sesuaikan...

INOVASI INDONESIA SEBUAH LAPORAN