PENILAIAN
PENILAIAN
Sumber: http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Assessment_of_Learning
Assessment
Assessment refers to the activities used by teachers and students to prompt, shape, and measure learning (Black & Wiliam, 1998). Assessment can be categorized as Assessment as Learning, Assessment for Learning, or Assessment of Learning.
Assessment for learning
- "comprises two phases—initial or diagnostic assessment and formative assessment
- assessment can be based on a variety of information sources (e.g., portfolios, works in progress, teacher observation, conversation)
- verbal or written feedback to the student is primarily descriptive and emphasizes strengths, identifies challenges, and points to next steps
- as teachers check on understanding they adjust their instruction to keep students on track
- no grades or scores are given - record-keeping is primarily anecdotal and descriptive
- occurs throughout the learning process, from the outset of the course of study to the time of summative assessment
Assessment as learning
- begins as students become aware of the goals of instruction and the criteria for performance
- involves goal-setting, monitoring progress, and reflecting on results
- implies student ownership and responsibility for moving his or her thinking forward (metacognition)
- occurs throughout the learning process
Assessment of learning
- assessment that is accompanied by a number or letter grade (summative)
- compares one student’s achievement with standards
- results can be communicated to the student and parents
- occurs at the end of the learning unit
Diagnostic assessment, or pre-assessment
- assessment made to determine what a student does and does not know about a topic
- assessment made to determine a student's learning style or preferences
- assessment used to determine how well a student can already perform a certain set of skills related to a particular subject or group of subjects
- occurs at the beginning of a unit of study
- used to inform instruction: makes up the initial phase of assessment for learning
Formative assessment
- assessment made to determine a student’s knowledge and skills, including learning gaps as they progress through a unit of study
- used to inform instruction and guide learning
- occurs during the course of a unit of study
- makes up the subsequent phase of assessment for learning
Summative assessment
- assessment that is made at the end of a unit of study to determine the level of understanding the student has achieved
- includes a mark or grade against an expected standard" (Assessment for learning, 2013).
- often used interchangeably with the term assessment of learning
------
Penilaian
Penilaian mengacu pada kegiatan yang digunakan oleh guru dan siswa untuk mendorong, membentuk, dan mengukur pembelajaran (Black & Wiliam, 1998). Assessment dapat dikategorikan sebagai Assessment as Learning, Assessment for Learning, atau Assessment of Learning.
Penilaian untuk pembelajaran
- "terdiri dari dua fase — penilaian awal atau diagnostik dan penilaian formatif
- penilaian dapat didasarkan pada berbagai sumber informasi (misalnya, portofolio, pekerjaan yang sedang berlangsung, observasi guru, percakapan)
- umpan balik lisan atau tertulis kepada siswa terutama bersifat deskriptif dan menekankan kekuatan, mengidentifikasi tantangan, dan menunjukkan langkah selanjutnya
- ketika guru memeriksa pemahaman mereka menyesuaikan instruksi mereka untuk menjaga siswa tetap pada jalurnya
- tidak ada nilai atau nilai yang diberikan - pencatatan pada dasarnya bersifat anekdot dan deskriptif
- terjadi selama proses pembelajaran, dari awal program studi hingga saat penilaian sumatif
Penilaian sebagai pembelajaran
- dimulai ketika siswa menyadari tujuan pengajaran dan kriteria kinerja
- melibatkan penetapan tujuan, memantau kemajuan, dan merefleksikan hasil
- menyiratkan kepemilikan dan tanggung jawab siswa untuk memajukan pemikirannya ke depan (metakognisi)
- terjadi selama proses pembelajaran
Penilaian pembelajaran
- penilaian yang disertai dengan angka atau nilai huruf (sumatif)
- membandingkan prestasi seorang siswa dengan standar
- hasil dapat dikomunikasikan kepada siswa dan orang tua
- terjadi di akhir unit pembelajaran
Penilaian diagnostik, atau pra-penilaian
- penilaian dilakukan untuk menentukan apa yang siswa ketahui dan tidak ketahui tentang suatu topik
- penilaian dilakukan untuk menentukan gaya belajar atau preferensi siswa
- penilaian digunakan untuk menentukan seberapa baik seorang siswa sudah dapat melakukan serangkaian keterampilan tertentu yang terkait dengan mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran tertentu
- terjadi pada awal unit studi
- digunakan untuk menginformasikan instruksi: membuat tahap awal penilaian untuk pembelajaran
Penilaian formatif
- penilaian yang dilakukan untuk menentukan pengetahuan dan keterampilan siswa, termasuk kesenjangan pembelajaran saat mereka maju melalui unit belajar
- digunakan untuk menginformasikan instruksi dan panduan pembelajaran
- terjadi selama unit studi
- membuat tahap penilaian berikutnya untuk pembelajaran
Penilaian sumatif
- penilaian yang dilakukan pada akhir unit pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman yang telah dicapai siswa
- termasuk nilai atau nilai terhadap standar yang diharapkan "(Assessment for learning, 2013).
- sering digunakan secara bergantian dengan istilah penilaian pembelajaran
PENILAIAN
NILAI INTERVAL DAN NILAI HURUF
NO | INTERVAL NILAI | NILAI HURUF |
1 | 95,57 – 100 | A + |
2 | 91,13 – 95,56 | A |
3 | 86,69 – 91,12 | A - |
4 | 82,25 – 86,68 | B + |
5 | 77,81 – 82,24 | B |
6 | 73,37 – 77,80 | B - |
7 | 68,93 – 73,76 | C + |
8 | 64,49 – 68,92 | C |
9 | 60,00 – 64,48 | C - |
KOMPETENSI PENGETAHUAN |
KOMPETENSI KETERAMPILAN |
KOMPETENSI SIKAP |
Comments
Post a Comment