PENILAIAN

 

PENILAIAN

Sumber: http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Assessment_of_Learning 

Assessment

Assessment refers to the activities used by teachers and students to prompt, shape, and measure learning (Black & Wiliam, 1998). Assessment can be categorized as Assessment as LearningAssessment for Learning, or Assessment of Learning.

Assessment for learning
  • "comprises two phases—initial or diagnostic assessment and formative assessment
  • assessment can be based on a variety of information sources (e.g., portfolios, works in progress, teacher observation, conversation)
  • verbal or written feedback to the student is primarily descriptive and emphasizes strengths, identifies challenges, and points to next steps
  • as teachers check on understanding they adjust their instruction to keep students on track
  • no grades or scores are given - record-keeping is primarily anecdotal and descriptive
  • occurs throughout the learning process, from the outset of the course of study to the time of summative assessment
Assessment as learning
  • begins as students become aware of the goals of instruction and the criteria for performance
  • involves goal-setting, monitoring progress, and reflecting on results
  • implies student ownership and responsibility for moving his or her thinking forward (metacognition)
  • occurs throughout the learning process
Assessment of learning
  • assessment that is accompanied by a number or letter grade (summative)
  • compares one student’s achievement with standards
  • results can be communicated to the student and parents
  • occurs at the end of the learning unit
Diagnostic assessment, or pre-assessment
  • assessment made to determine what a student does and does not know about a topic
  • assessment made to determine a student's learning style or preferences
  • assessment used to determine how well a student can already perform a certain set of skills related to a particular subject or group of subjects
  • occurs at the beginning of a unit of study
  • used to inform instruction: makes up the initial phase of assessment for learning
Formative assessment
  • assessment made to determine a student’s knowledge and skills, including learning gaps as they progress through a unit of study
  • used to inform instruction and guide learning
  • occurs during the course of a unit of study
  • makes up the subsequent phase of assessment for learning
Summative assessment
  • assessment that is made at the end of a unit of study to determine the level of understanding the student has achieved
  • includes a mark or grade against an expected standard" (Assessment for learning, 2013).
  • often used interchangeably with the term assessment of learning

------

Penilaian
Penilaian mengacu pada kegiatan yang digunakan oleh guru dan siswa untuk mendorong, membentuk, dan mengukur pembelajaran (Black & Wiliam, 1998). Assessment dapat dikategorikan sebagai Assessment as Learning, Assessment for Learning, atau Assessment of Learning.

Penilaian untuk pembelajaran

  • "terdiri dari dua fase — penilaian awal atau diagnostik dan penilaian formatif
  • penilaian dapat didasarkan pada berbagai sumber informasi (misalnya, portofolio, pekerjaan yang sedang berlangsung, observasi guru, percakapan)
  • umpan balik lisan atau tertulis kepada siswa terutama bersifat deskriptif dan menekankan kekuatan, mengidentifikasi tantangan, dan menunjukkan langkah selanjutnya
  • ketika guru memeriksa pemahaman mereka menyesuaikan instruksi mereka untuk menjaga siswa tetap pada jalurnya
  • tidak ada nilai atau nilai yang diberikan - pencatatan pada dasarnya bersifat anekdot dan deskriptif
  • terjadi selama proses pembelajaran, dari awal program studi hingga saat penilaian sumatif

Penilaian sebagai pembelajaran

  • dimulai ketika siswa menyadari tujuan pengajaran dan kriteria kinerja
  • melibatkan penetapan tujuan, memantau kemajuan, dan merefleksikan hasil
  • menyiratkan kepemilikan dan tanggung jawab siswa untuk memajukan pemikirannya ke depan (metakognisi)
  • terjadi selama proses pembelajaran

Penilaian pembelajaran

  • penilaian yang disertai dengan angka atau nilai huruf (sumatif)
  • membandingkan prestasi seorang siswa dengan standar
  • hasil dapat dikomunikasikan kepada siswa dan orang tua
  • terjadi di akhir unit pembelajaran

Penilaian diagnostik, atau pra-penilaian

  • penilaian dilakukan untuk menentukan apa yang siswa ketahui dan tidak ketahui tentang suatu topik
  • penilaian dilakukan untuk menentukan gaya belajar atau preferensi siswa
  • penilaian digunakan untuk menentukan seberapa baik seorang siswa sudah dapat melakukan serangkaian keterampilan tertentu yang terkait dengan mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran tertentu
  • terjadi pada awal unit studi
  • digunakan untuk menginformasikan instruksi: membuat tahap awal penilaian untuk pembelajaran

Penilaian formatif

  • penilaian yang dilakukan untuk menentukan pengetahuan dan keterampilan siswa, termasuk kesenjangan pembelajaran saat mereka maju melalui unit belajar
  • digunakan untuk menginformasikan instruksi dan panduan pembelajaran
  • terjadi selama unit studi
  • membuat tahap penilaian berikutnya untuk pembelajaran

Penilaian sumatif

  • penilaian yang dilakukan pada akhir unit pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman yang telah dicapai siswa
  • termasuk nilai atau nilai terhadap standar yang diharapkan "(Assessment for learning, 2013).
  • sering digunakan secara bergantian dengan istilah penilaian pembelajaran

PENILAIAN
NILAI INTERVAL DAN NILAI HURUF

NO

INTERVAL NILAI

NILAI HURUF

1

95,57 – 100

A +

2

91,13 – 95,56

A

3

86,69 – 91,12

A -

4

82,25 – 86,68

B +

5

77,81 – 82,24

B

6

73,37 – 77,80

B -

7

68,93 – 73,76

C +

8

64,49 – 68,92

C

9

60,00 – 64,48

C -


PENILAIAN HOLISTIK 

KOMPETENSI PENGETAHUAN


KOMPETENSI KETERAMPILAN


KOMPETENSI SIKAP

 


Comments

Popular posts from this blog

INSTRUKSIONAL

Kurikulum SMK di Sesuaikan...

INOVASI INDONESIA SEBUAH LAPORAN